RSS

PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN

 

KATA PENGANTAR

       Syukur Alhamdulilah kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberi petunjuk, rahmat, hidayah dan bimbingan-Nya, sehingga kita tetap berada di jalan yang penuh hidayah sehingga mampu melaksanakan tugas dengan baik.

Perpustakaan SMA Negeri 1 Gondang merupakan suatu unit kerja dari suatu badan atau lembaga tertentu yang mengelola bahan-bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun bukan berupa buku (non buku material) yang diatur secara sistematis menurut aturan tertentu sehingga dapat digunakan sebagai sumber informasi oleh setiap pemakainya.

Program Kerja Operasional Perpustakaan  SMA Negeri I Gondang diharapkan mampu menciptakan perpustakaan yang ideal, bermanfaat bagi seluruh civitas akademika SMA Negeri I Gondang. Dukungan dan partisipasi aktif semua warga sekolah dan pelaku organisasi (sekolah) merupakan unsur penting bagi keberhasilan pelaksanaan program. Oleh karena itu dituntut adanya komitmen yang kuat dan tinggi segenap insan organisasi ( sekolah ) demi tercapainya tujuan.

Mudah–mudahan dengan dukungan kerja sama yang nyata dari semua civitas akademika, benar-benar mampu memberikan sekaligus meningkatkan motivasi baru bagi upaya-upaya peningkatan mutu perpustakaan. Oleh karena itu harapan kami semoga rencana ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.  Akhirnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi  disampaikan penghargaan dan terima kasih.

                                                                                Gondang, 13 Oktober 2008

                                                                                    Pembina Perpustakaan,

                                                                                     Nanik Zulaihah, S.Pd.

                                                                                     NIP 510183962

 

LAPORAN KERJA OPERASIONAL PERPUSTAKAAN

SMA NEGERI I GONDANG KABUPATEN MOJOKERTO

TAHUN 2008  s/d 2010

A.    PENDAHULUAN

Perputakaan bukan merupakan hal baru di kalangan masyarakat, di mana-mana telah diselenggarakan perpustakaan, seperti di sekolah-sekolah, baik sekolah umum maupun sekolah kejuruan, baik sekolah dasar maupun sekolah menengah. Begitu pula di kantor-kantor, bahkan sekarang telah digalakkan perpustakaan-perpustakaan umum baik di tingkat kabupaten sampai dengan tingkat desa. Tetapi, walaupun bukan merupakan hal baru, masih banyak orang yang memberikan definisi yang salah terhadap perpustakaan. Banyak orang mengasosiasikan perpustakaan dengan buku-buku, sehingga setiap tumpukan buku pada suatu tempat tertentu disebut perpustakaan. Padahal tidak semua tumpukan buku itu dapat dikatakan perpustakaan.

Sama halnya yang ada di SMA Negeri I Gondang. Di beberapa ruangan terdapat tumpukan buku-buku yang tidak dapat dikatakan sebagai perpustakaan. Perpustakaan milik SMA Negeri I Gondang berlokasi di suatu tempat tertentu yang diorganisasi dengan baik. Baik  sirkulasi maupun administrasinya. Namun demikian, masih banyak pembenahan-pembenahan yang harus dilakukan di perpustakaan SMA Negeri I Gondang untuk mencapai perpustakaan sekolah yang ideal. Dengan demikian perpustakaan sekolah sebagai salah satu sumber informasi dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Berbagai kebijaksanaan dalam program kerja perpustakaan tidak akan mampu memberikan kontribusi nyata apabila tidak didukung dengan tersedianya berbagai faktor utama bagi terselenggaranya program kerja perpustakaan itu sendiri. Berbagai faktor tersebut salah satunya berupa sarana prasarana perpustakaan yang sangat komplek, yang meliputi gedung, mebelair, buku-buku koleksi referensi dan sirkulasi, dan lain-lain. Dengan didukung sarana dan prasarana  yang memadai akan mampu memberikan ruang gerak optimal bagi sebuah perpustakaan di dalam usahanya mengembangkan sekaligus meningkatkan kualitas perpustakaan, sebagai upaya pemenuhan tuntutan civitas akademika akan perpustakaan yang berfungsi dan bermanfaat dengan baik.

Sebagai suatu unit kerja, Perpustakaan SMA N I Gondang wajib mempunyai rencana agar pelaksanaan program kerja berjalan lancar dan mampu mengembangkan perpustakaan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan secara maksimal. Program Kerja Operasional Perpustakaan SMA Negeri I Gondang Kabupaten Mojokerto diharapkan menjadi pedoman kerja bagi pembina/petugas perpustakaan sekolah di dalam melaksanakan tugas sehari-hari mengacu pada peningkatan kinerja dalam batas-batas tatanan yang telah ditentukan dan atau dimufakati bersama.

 B. DASAR PEMIKIRAN

Dasar penyusunan program kerja perpustakaan adalah peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya dari Menteri Pendidikan Nasional, yang langsung maupun tidak langsung mengatur bahwa setiap perpustakaan wajib menyusun / menulis dan melaksanakan program kerja tahunan sekolah, antara lain:

  1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 Tahun 2007 tanggal 28 Juni 2007 tentang Standar Sarana dan Prasarana Perpustakaan Untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI), Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs), dan  Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA)

C.  MANFAAT

Perpustakaan sekolah tampak bermanfaat apabila benar-benar memperlancar pencapaian tujuan proses belajar-mengajar di sekolah. Indikasi manfaat tersebut tidak hanya berupa tingginya prestasi siswa-siswi, tetapi lebih jauh lagi, antara lain adalah siswa yang mampu mencari, menemukan, menyaring dan menilai infomasi. Siswa yang terbiasa belajar mandiri, terlatih dan bertanggung jawab dan mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi, dan sebagainya.

Manfaat perpustakaan dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Sarana pendidikan, pusat kegiatan belajar mengajar
  • Pusat informasi (ilmiah dan umum)
  • Pusat layanan referensi
  • Pusat penelitian  (sederhana dan risat ilmiah)
  • Pusat kerja sama antar perpustakaan
  • Sarana untuk melancarkan pelaksanaan tugas
  • Tempat memperoleh inspirasi

D.  PERANAN

Peranan  perpustakaan secara simbolis dapat diutarakan sebagai berikut:

  • Melestarikan budaya bangsa
  • Memajukan dan mencerdaskan bangsa
  • Memajukan dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Menjadi tempat serta ajang penelitian, diskusi, studi, dan konsultasi berbagai disiplin ilmu
  • Sebagai tempat rekreasi

E.  TUJUAN

Secara rinci, tujuan yang diharapkan dari perpustakaan SMA Negeri I Gondang perpustakaan sekolah, adalah sebagai berikut:

  1. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan siwa terhadap membaca.
  2. Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar siswa.
  3. Perpustakaan sekolah dapat menanamkan kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya siswa mampu belajar mandiri.
  4. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca.
  5. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa.
  6. Perpustakaan sekolah dapat melatih siswa kea rah tanggung jawab.
  7. Perpustakaan sekolah dapat memperlancar siswa dalam menyelesaikan tugas-tugas pengajaran.
  8. Perpustakaan sekolah dapat membantu bapak ibu guru menemukan sumber pengajaran.
  9. Perpustakaan sekolah dapat membantu siswa, guru, dan staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

F.   HASIL KERJA PROKER 2008-2010

PENATAAN PROFIL PERPUSTAKAAN

Tahun Pelajaran 2008/2009:

  1. Persiapan gudang:
  2. Pengaturan ruang kerja Pembina perpustakaan

(ruang kerja digunakan Pembina dan petugas perpustakaan dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu)

  1. Pengaturan ruang sirkulasi perpustakaan
  2. Evaluasi hasil kerja

Hasil: penataan profil perpustakaan telah terlaksana berkat kerjasama dengan berbagai pihak, antara lain pembina dan petugas perpustakaan serta beberapa staf Tata Usaha SMA N I Gondang.

Hambatan: ada beberapa kondisi yang menyebabkan program tidak terlaksana sepenuhnya. Antara lain, kurangnya fasilitas rak buku sedangkan buku baru terus bertambah. Akibatnya, ruang kerja pembina perpustakaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya karena digunakan sebagai tempat meletakkan buku baru yang terbengkalai.

Harapan: kami berharap fasilitas rak buku dapat segera terealisasi agar buku-buku baru yang tersimpan dapat lebih beermanfaat bagi siswa maupun guru.

PENGELOLAAN MANAJEMEN DAN PENAMBAHAN KOLEKSI BUKU

Tahun Pelajaran 2009/2010:

  1. Penambahan koleksi buku referensi dan buku sirkulasi
  2. Stempel buku baru
  3. Buku Induk
  4. Label buku/kode buku
  5. Sampul buku
  6. Klasifikasi
  7. Katalog
  8. Lain-lain
  9. Evaluasi

Hasil: pengelolaan manajemen dan penambahan koleksi buku telah mencapai beberapa target.

Hambatan: hambatan pada program ini adalah penggantian sampul buku lama. Hal tersebut terhambat karena kondisi buku lama yang apabila diganti sampulnya dapat menyebabkan kerusakan pada buku.

Harapan: kami berharap untuk program kerja periode berikutnya, program ini masih dilanjutkan dengan mempertimbangkan berbagai hal.

PROGRAM PENGGUNAAN OPAC UNTUK PERPUSTAKAAN

Tahun 2010:

  1. Persiapan program OPAC
  2. Pembinaan/pelatihan petugas perpustakaan
  3. Sosialisasi OPAC perpustakaan
  4. Operasional OPAC perpustakaan
  5. Evaluasi

Hasil: program OPAC terlaksana dengan baik seiring dengan kemajuan teknologi yang pesat di SMA N I Gondang. Terlaksananya program OPAC Perpustakaan SMA N I Gondang juga tak lepas dari peran penting Tim IT yang dimiliki SMA N I Gondang dengan Drs. Thoyib selaku koordinator Tim IT.

Harapan: semoga hal-hal baru atau inovasi-inovasi baru akan terus hadir demi kemajuan Perpustakaan SMA N I Gondang.

G.      PENUTUP

Laporan  Kerja Operasional Perpustakaan SMA Negeri I Gondang  ini merupakan modal bagi tersusunnya Program Kerja Operasional Perpustakaan pada periode yang akan datang. Selain itu, dapat pula sebagai bahan pertimbangan agar penyusunan dan pelaksanaan Program Kerja Operasional Perpustakaan berikutnya dapat lebih baik dan memberikan berbagai inovasi demi kelancaran perpustakaan sekolah  di dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai salah satu sumber informasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan.

Kami berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu terlaksananya Program Kerja  Operasional Perpustakaan ini, sehingga perpustakaan SMA N I Gondang dapat lebih bermanfaat sebagai acuan dan wacana di dalam menjalankan tugas dan kewajiban dengan tanpa mengurangi kreatifitas dan daya pikir demi kemajuan perpustakaan SMA Negeri I Gondang.

Laporan  Kerja Operasional Perpustakaan SMA Negeri I Gondang kami harapkan akan dapat dijadikan sebagai acuan guna pelaksanaan  program yang lebih baik dan sempurna dengan tetap memerhatikan aspirasi dan inovasi yang muncul di lapangan.

Demikian yang dapat kami suguhkan, mohon maaf atas kesalahan dan kekurangan baik sengaja maupun tidak sengaja. Semoga Laporan Kerja Opersional Perpustakaan ini  dapat bermanfaat dan digunakan sebagaimana mestinya.

                                                                                 Gondang,     Juli 2011

                                                                                 Pembina perpustakaan,

                                                                                 Nanik Zulaihah, S.Pd.

                                                                                 NIP 19761023 200701 2 010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: