RSS

Pertemanan dalam Facebook

      Pertemanan  adalah satu hubungan yang terjalin antara satu individu dengan individu yang lain. Dapat terjalin karena satu keperluan,  satu kesamaan, satu tujuan atau bahkan karena merasa menemukan satu istilah yang disebut dengan kemistri.

      Pertemanan dalam facebook bisa terjalin efektif jika antara beberapa pihak yang berinteraksi saling memberikan perhatiannya baik lewat koment, like, tak lupa juga update statusnya. Namun kebalikannya, jika kita memiliki pertemanan yang tidak pernah memberikan koment dan like-nya atas status-status yang kita berikan, maka pertemanan tersebut akan terasa kaku dan tidak efektif bahkan terasa bahwa pertemanan seperti itu hanya memenuhi angka teman yang tidak bermanfaat di facebook kita.  Interaksi tersebut bisa terjalin dengan baik apabila ada reaksi positif satu sama lain, atau bahkan saling katergantungan yang membuat seseorang merasa kecanduan dalam berfacebook. Namun, berbeda kondisi jika ternyata yang muncul adalah reaksi negatif dengan memberikan koment ”menyakitkan” atau bahkan update status yang berisi ungkapan perasaan yang ternyata dapat menyinggung perasaan orang lain. Jika kondisinya sudah demikian: berarti  ada yang salah dengan pertemanan di facebook kita. Pertanyaan yang harus dimunculkan adalah:”ada apa dengan kita? Apa yang salah dengan facebook kita?”

      Suatu ketika ada teman yang menyarankan saya untuk tidak aktif lagi di facebook, bahkan beliau merasa senang saat tahu bahwa beberapa waktu  itu saya vakum di facebook. Pada prinsipnya beliau sangat antipati dengan facebook. Saat saya tanyakan kenapa begitu? Beliau malah menanyakan kepada saya, manfaat apa yang bisa saya peroleh dengan berfacebook?. Saat itu saya jawab dengan spontan dan apa adanya, bahwa dengan facebook saya dapat bersilaturahim dengan banyak orang tanpa harus bertemu, saling bersosialisai dengan  orang lain dengan memberikan perhatian lewat tulisan, menerima konsultasi dari banyak siswa dan alumni yang sedang bermasalah baik masalah pergaulan maupun masalah pendidikan, berdialog dengan saudara yang tinggal di luar pulau bahkan luar negeri yang tidak dijangkau dengan bertatap muka langsung, dan hal-hal lain yang lebih bermanfaat. Namun, tidak dapat dipungkiri juga,  bahwa setiap hal pasti memiliki dampak positif dan negatif. Termasuk di facebook ini.

      Satu sisi negatif facebook adalah kecenderungan seseorang menjadi tidak mandiri dengan keadaan psikologisnya. Hal ini dapat kita amati dari update status yang 90% adalah curhat, baik tentang urusan pekerjaan, hubungan dengan teman kerja, masalah keluarga, pasangan, dan hal-hal lain yang kita ingin agar orang lain tahu dan memberikan reaksinya untuk kita. Sedangkan sisi positifnya, dengan kita memberikan koment, berarti kita secara tidak langsung telah menjalin silaturahim dengan teman facebook kita, memberikan sedikit perhatian kita kepadanya, menjalin keakraban kita walau hanya dalam komunikasi tulis, berusaha merasakan apa yang mereka rasakan yang mungkin suatu saat kita juga akan mengalami hal sama dan ingin mendapat perhatian yang sama pula. Bahkan dalam facebook kadang kita seperti menemukan keluarga baru walau tanpa ayah-ibu.

         Dengan melihat sisi positif-negatif dalam pertemanan di facebook tersebut, kita dapat menimbang baik-buruknya facebook untuk kita.  Seberapa besar kebermanfaatan facebook untuk kita. Sangat membantu atau malah mengganggu hidup kita. Dapat menyelesaikan masalah atau malah memperburuk keadaan kita. Silahkan mencermati dengan seksama. Jika merasa facebook telah menenggelamkan kehidupan Anda di dalamnya, sebaiknya Anda meninggalkannya, tetapi jika dengan facebook Anda merasa hidup lebih berarti dan lebih berwarna serta tidak terperosok di dalamnya, lanjutkan dengan memberikan nuansa positif dalam pertemanan Anda di facebook. Silahkan direnungkan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: