RSS

RPP MENULIS I pendiker

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD 10. 12.1

1.      Identitas

Nama Sekolah                    : SMA N I Gondang

Mata pelajaran                  : Menulis I

Kelas/Semester                  : XI/4

Jumlah Pertemuan           :  2 x pertemuan @ 90 menit 

2. Standar Kompetensi            : 10. 12 Mengungkapkan informasi melalui  penulisan paragraf dan teks pidato

3. Kompetensi Dasar               : 10.12.1Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

      Mendaftar topik-topik pendapat yang dapat dikembangkan menjadi  paragraf argumentatif

      Menyusun kerangka paragraf argumentatif

      Membuat  kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf argumentatif

      Menggunakan kata penghubung antarkalimat (oleh karena itu dengan denikian, oleh sebab itu, dll.)dalam paragraf argumentatif

      Menyunting paragraf argumentatif yang ditulis  teman

PKB= Toleransi, Demokrasi

 5. Sumber Belajar

o   Lembar Kegiatan (terlampir)

o   Laptop dan infocus projector (jika ada), atau

o   teks dari media cetak/ elektronik

o   Eksposisi dan Deskripsi oleh Gorys keraf

o   Buku yang terkait dengan argumentasi

 PERTEMUAN KE-1

a.      Tujuan:

Melalui tulisan argumentasi yang telah dibaca, peserta didik dengan rasa ingin tahunya  mengidentifikasi ciri-ciri argumentasi dengan cermat dan memahami kreatifitas  dalam penulisan paragraf argumentasi.

b.      Materi ajar:

Contoh paragraf argumentatif

1.      Cirri-ciri paragraf argumentatif

2.      Topik paragraf argumentatif

3.      Kerangka

4.      Penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif

c.       Alokasi waktu: 2 x 40 menit

d.      Metode: Diskusi, Tanya jawab, ulangan, penugasan

e.       Kegiatan Pembelajaran:

1)      Pendahuluan (+ 10 menit)

§  Berdo’a sebagai ungkapan rasa syukur terhadap keserasian alam semesta dan seisinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa

§  Tanya jawab singkat tentang tulisan argumentasi yang telah dibaca.

§  Informasi tujuan pembelajaran yaitu: memberikan penjelasan tentang pola pengembangan paragraf argumentasi, ciri-ciri dan tema yang dapat dikembangkan dengan parangaf argumentasi.

2)      Inti (+ 60 menit)

Mengenali ciri-ciri paragraf argumentasi dengan gemar membaca.

Mencari 3 paragraf argumentasi yang ada dalam media cetak.

      Membaca  paragraf argumentatif

       Membedakan paragraf argumentasi dengan jenis pengembangan paragraf yang lain.

Mengidentifikasi  karekteristik paragraf argumentatif

Guru merefleksi hasil kerangka karangan yang telah dibuat.

3)      Penutup ( + 20 menit)

o   Membuat rangkuman hasil kerja dengan memperhatikan masukan dari guru.

o   Penilaian proses untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran

f.        soal-soal penilaian proses

 1.      Sebutkan ciri-ciri paragraf argumentasi!

2.      Tentukan topik paragra argumentasi!

3.      Buatlah kerangka paragraf argumentasi!

4.      Tulislah paragraf argumentasi berdasarkan kerangka yang telah disusun dengan menggunakan kata penghubung antarkalimat!

PERTEMUAN KE-2

a. Tujuan

     Dengan kerangka karangan yang telah disusun peserta didik mengembangkan kerangka karangan tersebut secara kreatif  dan bekerja keras dengan memperhatikan ciri-ciri pola pengembangan argumentasi.

b.   Materi Ajar           

Paragraf deskriptif:

Contoh paragraf argumentatif

Ø  Cirri-ciri paragraf arumentatif

Ø  Topik paragraf argumentatif

Ø  Kerangka

Ø  Penggunaan kata penghubung dalam paragraf argumentatif

c. Alokasi waktu

      2 jam pembelajaran (2 x 40 menit)

d. Metode pembelajaran

      tanya jawab, diskusi antar teman, penugasan

e. Kegiatan Pembelajaran

1)      Pendahuluan (+ 10 menit)

o   Berdo’a sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia nikmat dan sehat dari-Nya.

o   Apersepsi: tanya jawab singkat tentang kerangka karangan yang telah dibuat.

o   Informasi tujuan pembelajaran yaitu: menuliskan karangan singkat dengan pola pengembangan argumentatif sesuai dengan kerangka karangan yang telah dibuat.

2)      Inti (+ 70 menit)

  • Menulis karangan yang berpola pengembangan argumentatif gambar yang disajikan.

(Secara kreatif mengembangkan kerangka karangan argumentatif)

  • Menyunting karangan berpola berpola pengembangan argumentatif milik teman.

(menunjukkan perilaku bersahabat dalam memberikan penilaian terhadap hasil kerja teman)

  • Guru merefleksi hasil karangan argumentatif.

3)       Penutup ( + 10 menit)

o   Membuat rangkuman materi dan hasil kerja dengan memperhatikan masukan dari guru.

o   Penilaian proses untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

f.        soal-soal  penilaian proses

  1. Carilah tiga contoh paragraph deskriptif!
  2. Bersama dengan beberapa temanmu, analisislah pola pengembangan paragraph-paragraf tersebut dan temukan gagasan pokoknya!
  3. Identifikasilah pola-pola pengembangan paragraph yang digunakan dan berilah alasan!
  4. Presentasikanlah hasil analisa kalian di depan kelas!g.                         g. penilaian kinerja klasifikasi paragraf argumentatif:
  • Geladi Diri

v  Topik  :  Peningkatan Peran Wanita

v  Tema  :  Pentingnya Peningkatan Peran Wanita untuk Mendukung Pengambangan SDM

  1.  Susunlah kerangka paragraf argumentatif berdasarkan tema tersebut!
  2. Kembangkan kerangka karangan paragraf tersebut menjadi paragraf argumentatif!
  3. Gunakan data dan fakta yang sudah kamu kumpulkan sebagai argument!
  4. Untuk merangkaikan gagasan pada kalimat satu dengan yang lain, gunakan kata penghubung antarkalimat yang menyatakan sebab akibat!
  5. Kumpulkan dan mintalah penilaian dan saran guru terhadap paragraf yang sudah kamu buat!

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KD 10.12

 

1. Identitas

Nama Sekolah        : SMA N I Gondang

Mata pelajaran       : Menulis I

Kelas/Semester       : XI/4

Jumlah Pertemuan             :  2 x pertemuan @ 90 menit        

2. Standar Kompetensi         : 10.4 Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

3. Kompetensi Dasar             : 10.4.3 Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam  paragraf  ekspositif

4. Indikator Pencapaian Kompetensi

      Mengidentifikasi metode pengembangan paragraf ekspositif

      Menggunakan   kata kajian dan istilah bidang teknologi informasi

      Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam  bentuk  ragam paragraf  ekspositif

PKB=  Kreatif , Bersahabat/komunikatif

5. Sumber Belajar

o   Lembar Kegiatan (terlampir)

o   Laptop dan infocus projector (jika ada), atau

o   Buku pedoman wawancara

PERTEMUAN KE-1

  1. Tujuan:Disajikan contoh paragraf eksposisi, Siswa kreatif dan mandiri dapat mengidentifikasi metode pengembangan paragraf eksposisi.
  1. Materi ajar:

1)      Contoh paragraf ekspositif

2)      Pola pengembangan paragraf ekspositif

3)      Contoh penggunaan kata berimbuhan dalam paragraf ekspositif

  1. Alokasi waktu: 2 x 40 menit
  2. Metode: Diskusi, tanya jawab, penugasan
  3. Kegiatan Pembelajaran:

a.      Pendahuluan (+ 10 menit)

§  Berdo’a sebagai ungkapan rasa syukur terhadap keserasian alam semesta dan seisinya sebagai ciptaan Tuhan Yang Maha Kuasa

§  Tanya jawab singkat tentang paragraf eksposisi yang telah dibaca.

§  Informasi tujuan pembelajaran yaitu: menjelaskan materi eksposisi, menunjukkan sikap bersahabat dalam bertanya jawab, serta berkomunikasi dengan baik dalam berdiskusi.

b.      Inti (+ 60 menit)

  • Melakukan diskusi kelompok (4 – 5 orang) untuk menggali informasi tentang paragraf eksposisi
  • Mencari contoh paragraf  ekspositif dan mempresentasikannya
    • Implementasi pendikar:
    • Berkomunikasi yang baik dalam kelompok untuk menggali infomasi tentang paragraf eksposisi.
  • Guru merefleksi hasil kerja siswa

c.       Penutup ( + 20 menit)

o   Membuat rangkuman hasil diskusi kelas dengan memperhatikan masukan dari guru.

o   Penilaian proses untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran

1). Format pengamatan nilai-nilai karakter

 

 

No

 

Indikator nilai karakter

No. daftar hadir peserta didik *)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

..

32

1

Mentaati aturan diskusi seperti mengacungkan tangan sebelum memberikan pendapat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Menghargai/tidak mencela pendapat teman yang kurang tepat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Memberi kesempatan semua anggota kelompok untuk mengajukan pendapat/ Tidak memonopoli  diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Tidak memotong pembicaraan teman

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Tidak membedakan antara pendapat teman pria dan wanita

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Santun dalam berargumentasi/ mempertahankan pendapat yang berbeda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Tidak memaksakan kehendak/memaksa kelompok untuk menerima pendapatnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Mau mengakui kesalahannya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

Menunjukkan sikap menerima hasil diskusi kelompok

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah BT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah MK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

*) Diisi dengan:

  •  BT (Belum Terlihat) – jika peserta didik belum memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator
  •  MT (Mulai Terlihat) – jika peserta didik mulai memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator, tetapi belum konsisten
  •  MB (Mulai Berkembang) – jika peserta didik mulai konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)
  •  MK (Menjadi Kebiasaan/Membudaya – jika peserta didik terus tenerus/konsisten memperlihatkan perilaku yang tertera dalam indikator)

 

2). soal-soal penilaian proses

  1. Sebutkan ciri-ciri paragraf ekspositif!
  2. Jelaskan metode pengembangan paragraf ekspositif!

PERTEMUAN KE-2

a. Tujuan

Dengan informasi yang telah didapat tentang paragraf eksposisi, siswa menulis paragraf ekposisi dengan tema tertentu.

( berkomunikasi dengan baik pada saat berdiskusi  dan bersikap saling menghargai dalam kelompok yang diajak bekerja sama)

b. Materi Ajar      

Ø  Informasi  dari  nara sumber

Ø  Topik wawancara

Ø  Daftar pertanyaan

Ø  Pokok-pokok isi wawancara

Ø  Penggunaan ejaan dan tanda baca

c. Alokasi waktu

      2 jam pembelajaran (2 x 40 menit)

d. Metode pembelajaran

      tanya jawab, diskusi, penugasan

e. Kegiatan Pembelajaran

1)                                                            Pendahuluan (+ 10 menit)

o   Berdo’a sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia nikmat sehat

o   Apersepsi: tanya jawab singkat tentang hal-hal yang harus diperhatikan dalam menyusun paragraf eksposisi.

o   Informasi tujuan pembelajaran yaitu: menyusun paragraf eksposisi dengan  tema tertentu.

2)                                                            Inti (+ 70 menit)

  • Menuliskan paragraf eksposistif

(Secara mandiri dan kreatif menyusun paragraf eksposisi sesuai tema yang telah ditentukan)

  • Guru merefleksi hasil laporan wawancara

3)                                                            Penutup ( + 10 menit)

o   Membuat rangkuman hasil diskusi kelas dengan memperhatikan masukan dari guru.

o   Penilaian proses untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.

2). soal-soal  penilaian proses

  • Tulislah paragraf ekspositif dengan tema “Teknologi Informasi”!

3) penilaian kinerja

 

 

 

 

 

No

Keterangan

  1. 1.   
Carilah contoh paragraph ekspositif yang dikembangkan dengan metode definisi, klasifiaksi, identifikasi, komparasi, dan prosedural!
  1. 2.   
Identifikasilah cirri-ciri khasnya!
  1. 3.   
Presentasikan hasil diskusi tersebut di depan kelas!

 

 

 

 

No

Pertanyaan

  1. 1.       
Tulislah sebuah artikel ilmiah tentang teknologi informasi atau topic lain yang masih baru. Dalam artikel itu, sekurang-kurangnya terdapat lima paragraph ekspositif yang dikembangkan dengan metode yang berbeda!
  1. 2.       
Pergunakan konjungsi secara tepat sesuai makna dan fungsinya!
  1. 3.       
Dalam karanganmu, harus terdapat kata-kata kajian bidang teknologi informasi sekurang-kurangnya 10 kata!
  1. 4.       
Garis bawahilah kata-kata kajian tersebut!
  1. 5.       
Setelah selesai, tukarkanlah karanganmu dengan karangan teman. Periksa dan suntinglah dengan cermat. Perbaikilah karanganmu berbadasarkan hasil suntingan teman.
  1. 6.       
Ketiklah karanganmu dengan rapi dan kumpulkan kepada gurumu.

 

 

 

2 responses to “RPP MENULIS I pendiker

  1. DESVA RENDY

    Januari 30, 2012 at 2:52 pm

    contoh karangan argumentasi :
    pentingnya peningkatan wanita untuk mendukung perkembangan SDM

     
  2. nanikzulaihah

    Februari 8, 2012 at 3:12 am

    contoh judul karangan bagus sekali,,, tinggal menyesuaikan isinya,, mohon maaf ya: RPPnya kurang bagus,, banyak kekurangan.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: